Tips Dan Trik Menjadi Fotografer Untuk Pemula

Tips Dan Trik Menjadi Fotografer Untuk Pemula

Menjadi fotografer sudah menjadi hobi setiap orang , namun bagaimana menjadi fotografer handal layaknya fotografer profesional.

Detiktop – Dengan semakin banyaknya orang yang memiliki kamera berjenis DSLR dan juga kamera smartphone, street photography kini menjadi populer. Objek street photography fokus menangkap momen-momen nyata atau candid diruang publik yang sering kita jumpai seperti stasiun, mal, atau bahkan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Maka dari itu fotografer diperlukan kreatifitas dan peka terhadap keadaan sekitar. Untuk membantu para pemula untuk menguasai teknik street photography, ada beberapa tips dan trik yang akan dibagikan oleh Aries Lukman, founder of dari komunitas iPhonesia dan seorang street photography yakni Nico Harold.

Aries Lukman dan juga Nico Harold selaku pembicara mengatakan bahwa teknik fotografi jalanan sebenarnya tidak memerlukan teknis khusus ataupun perlengkapan fotografi yang lengkap dan mahal. Tetapi sebaliknya, keduanya menekankan pentingnya bereksperimen dan melatih sense fotografer terhadap cahaya, situasi dan juga sudut pengambilan foto.

Baca Juga : Tips Mengisi Baterai Handphone Lebih Cepat Penuh

Jadi, street photography ini bisa dilakukan oleh siapapun dan menggunakan gadget apapun. Berikut ini merupakan tips dan trik untuk pengambilan foto yang perlu diperhatikan untuk para pemula.

1. Perhatikan interaksi yang terjadi di sekitar

Tantangan terbesar dari street photography adalah menangkap momen, sehingga kita pun harus selalu siap dengan gadget kita disaat momen tertentu terjadi. Menurut Aries Lukman , interaksi sosial yang menarik adalah sesuatu yang terjadi secara alami.

2. Kuasai teknik dasar fotografi

Untuk melatih sense pengambilan foto, teknik dasar fotografer harus diperhatikan. Pahami teknik-teknik seperti triangle exposure (ISO, shutter speed, dan aperture), teknis komposisi dasar, serta yang diinginkan dapat terinterprestasikan di gadget yang anda miliki.

3. Tentukan timing yang pas

Menurut Nico, kesempatan untuk hunting street photography bisa kapan saja. Pagi, siang, malam dan cuaca panas, mendung , ataupun hujan pun bisa menjadi hasil foto-foto yang menakjubkan. Tempat pun bisa dimana saja,tidak hanya outdoor, tapi bisa juga termasuk tempat indoor seperti mal, atau lingkungan sekitar kantor atau rumah.

4. Mulai berlatih dengan memanfaatkan momen sekitar

Selama di ruang publik, kamu bisa manfaatkan dimana saja. Tidak hanya outdoor, tapi bisa juga termasuk tempat indoor seperti shopping mall atau kantor tempat anda bekerja itu pun selama di perbolehkan menggunakan kamera.

Itulah beberapa tips dan trik untuk pemula yang ingin mendapatkan hasil gambar yang maksimal layaknya seorang fotografer profesional.

Facebook Comments